Parkir Truk Pelabuhan Tanjung Emas Ditambah 5 Hektar
Pintu gerbang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang / Google SV

Semarang, InfoPublik – Untuk membersihkan angkutan barang yang kerap parkir di pinggir jalur Ranggawarsita hingga pelabuhan yang kerap menjadi biang kemacetan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Jawa Tengah bekerja sama dengan PT Indo Permata Usahatama (IPU) meresmikan tempat parkir khusus truk  angkutan barang di Pelabuhan Tanjung Emas, Senin (13/5/2019).

Tempat parkir angkutan barang ini terletak di Kawasan Baruna di Jalan Arteri Yos Sudarso, Kota Semarang. Lahan yang mencapai lima hektare dan mampu menampung 500 truk, juga sebagai antisipasi melonjaknya jumlah angkutan barang jelang Lebaran.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang Mukhammad Khadik mengatakan, dengan penyediaan area parkir  truk ini harapannya akses jalan dari arah Selatan, Barat dan Timur menuju ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang bisa steril dari parkir liar truk tronton. Area sekitar pun akan menjadi lebih rapi dan indah.

“Sebenarnya Pemkot Semarang sudah membangun lahan parkir angkutan barang sejak 2018 lalu tepatnya di bekas Terminal Terboyo. Tapi, lahan parkir belum bisa digunakan karena baru rampung akhir 2019 mendatang,” ujarnya.

Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Tanjung Emas Supriyono mengapresiasi Pemkot Semarang dan menyambut baik adanya lahan parkir yang sudah dibangun tersebut. “Kami sebenarnya sudah lama menginginkan adanya lahan parkir, agar para supir tidak memarkirkan kendaraan di pinggir jalan,” tutur dia.

Setelah adanya parkir truk tersebut, pihaknya akan menyosialisasikan kepada tiap anggota Aptrindo untuk menempati lahan yang sudah tersedia dan tidak parkir di pinggir jalan.

Sementara itu, Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Khusus Pelabuhan Tanjung Emas Slamet Usman menambahkan, adanya fasilitas untuk area parkir di sekitar pelabuhan tersebut diakui sangat bermanfaat.

Menurut dia, selama ini truk terpaksa parkir di pinggir jalan lantaran memang tidak ada area untuk parkir di Pelabuhan. ‘’Kalau di Semarang tidak difasilitasi Pelindo karena memang tidak ada lahan. Truk terpaksa banyak yang parkir di sepanjang jalan di sekitar Pelabuhan Tanjung Mas, seperti di Jalan Usman Janatin, Jalan Ronggowarsito, Mpu Tantular serta sepanjang Jalan Alteri Yos Sudarso sampai Kalibanteng. Jadi, kami berterima kasih dengan disediakannya fasilitas parkir ini,’’ katanya.

Sumber: Info Publik

 

Share on Whatsapp

Leave a Reply