Sewu Kuto. Seribu Kota. Indonesia punya lebih dari 17 ribu pulau. Berapa jumlah kota di Indonesia? Entahlah. Rasanya takkan sebanyak jumlah pulau. Yang pasti, jumlahnya ribuan. Ribuan kota. Sewu kuto, kata orang Jawa, yang gemar menggampangkan hitungan. Karena itulah kami menyebut diri Sewukuto, panggilan singkat bagi nama perusahaan kami: PT Sewu Kuto Logistik.

Mengapa tidak 1001 Kuto? Kita sama-sama tahu, sebutan 1001 terlalu dekat dengan dongeng ‘Seribu Satu Malam’. Kami masih ingin terus menekuni dunia nyata. Belum ingin memasuki dunia dongeng. Mungkin nanti, suatu saat, kami akan mengikuti jejak Hollywood yang sukses mengangkat dongeng 1000 Malam menjadi film box office semacam Aladin dan Sinbad.

Jadi, sudah berapa ribu kota yang dilintasi PT Sewu Kuto Logistik untuk mengirim dan mengantarkan barang dan kargo ke tujuannya? Mungkin sudah ratusan. Mungkin juga ribuan. Atau mungkin jutaan? Sulit menghitungnya. Belum ada kebakuan dalam menyebut dan mengartikan kata kota. Yang sudah jelas barulah yang namanya kota otonom, alias daerah otonom yang menggunakan nama kota. Semisal Kota Bogor yang sebagai daerah otonom berbeda dengan Kabupaten Bogor.

Tapi biarlah definisi soal kota itu tak terlalu jelas. Suatu saat mungkin bakal jelas. Atau biarkan saja ada ribuan definisi kuto atau kota. Sementara itu, Sewukuto akan terus melintasi kota demi kota di tanah air, demi mengantarkan barang dan kargo Anda. Tak lupa, karena sudah ada lagunya, terkadang kami melantunkan “Sewu Kuto” buatan Mas Didi Kempot.

Salam seribu kota…

 

Titik Jangkauan pengiriman barang PT. SewuKuto Logistik